Kamis, 04 Agustus 2011

The just man walketh in his integrity: his children are blessed after him




KELUARGA YANG DIBERKATI

===============================

A. MENJADI ORANG BENAR

1. ORANG BENAR - The righteous man

Orang Benar Yang Bersih Kelakuannya —Berbahagialah Keturunannya.
(Amsal 20:7)

Seorang ayah yang jujur merupakan warisan yang berharga sekali bagi anak-anaknya. (FAYH)

Anak-anak beruntung jika mempunyai ayah yang baik dan hidup lurus. (BIS)

Orang yang benar itu melakukan dirinya dengan tulus hatinya; berbahagialah kiranya segala anak-anaknya kemudian kelak. (TL)

Berbahagialah anak-anak yang mempunyai bapa yang jujur dan adil. (TMV)

The just man walketh in his integrity: his children are blessed after him. (AV)

The righteous man leads a blameless life, blessed are his children after him. (NIV). - Orang benar menjalani kehidupan tanpa cela, berbahagialah anak-anaknya setelah dia.

Efesus 5:25 Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya

Kolose 3:19 Hai suami-suami, kasihilah isterimu dan janganlah berlaku kasar terhadap dia.

1 Petrus 3:7 Demikian juga kamu, hai suami-suami, hiduplah bijaksana dengan isterimu, sebagai kaum yang lebih lemah! Hormatilah mereka sebagai teman pewaris dari kasih karunia, yaitu kehidupan, supaya doamu jangan terhalang

Efesus 6:4 Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan.


B. SEPERTI APAKAH ORANG BENAR ITU?

2. YANG BERSIH KELAKUANNYA – blameless life; walketh in his integrity

Mzm 15:2 Yaitu dia yang berlaku tidak bercela, yang melakukan apa yang adil dan yang mengatakan kebenaran dengan segenap hatinya,

Mzm 26:1 Dari Daud. Berilah keadilan kepadaku, ya TUHAN, sebab aku telah hidup dalam ketulusan; kepada TUHAN aku percaya dengan tidak ragu-ragu.

Ams 14:2 Siapa berjalan dengan jujur, takut akan TUHAN, tetapi orang yang sesat jalannya, menghina Dia.

Ams 19:1 Lebih baik seorang miskin yang bersih kelakuannya dari pada seorang yang serong bibirnya lagi bebal.

Yes 33:15 Orang yang hidup dalam kebenaran, yang berbicara dengan jujur, yang menolak untung hasil pemerasan, yang mengebaskan tangannya, supaya jangan menerima suap, yang menutup telinganya, supaya jangan mendengarkan rencana penumpahan darah, yang menutup matanya, supaya jangan melihat kejahatan,

Luk 1:6 Keduanya adalah benar di hadapan Allah dan hidup menurut segala perintah dan ketetapan Tuhan dengan tidak bercacat.

2Kor1:12 Inilah yang kami megahkan, yaitu bahwa suara hati kami memberi kesaksian kepada kami, bahwa hidup kami di dunia ini, khususnya dalam hubungan kami dengan kamu, dikuasai oleh ketulusan dan kemurnian dari Allah bukan oleh hikmat duniawi, tetapi oleh kekuatan kasih karunia Allah.

Tit 2:11-12 Karena kasih karunia Allah yang menyelamatkan semua manusia sudah nyata. Ia mendidik kita supaya kita meninggalkan kefasikan dan keinginan-keinginan duniawi dan supaya kita hidup bijaksana, adil dan beribadah di dalam dunia sekarang ini

3Yoh 1:3,4 Sebab aku sangat bersukacita, ketika beberapa saudara datang dan memberi kesaksian tentang hidupmu dalam kebenaran, sebab memang engkau hidup dalam kebenaran. Bagiku tidak ada sukacita yang lebih besar dari pada mendengar, bahwa anak-anakku hidup dalam kebenaran.


C. BERKAT ORANG BENAR

3. BERBAHAGIALAH KETURUNANNYA - How be happy?: - blessed, happy!

Kej 17:7 Aku akan mengadakan perjanjian antara Aku dan engkau serta keturunanmu turun-temurun menjadi perjanjian yang kekal, supaya Aku menjadi Allahmu dan Allah keturunanmu.

Mazmur 37:25 Dahulu aku muda, sekarang telah menjadi tua, tetapi tidak pernah kulihat orang benar ditinggalkan, atau anak cucunya meminta-minta roti;

Mzm 37:26 tiap hari ia menaruh belas kasihan dan memberi pinjaman, dan anak cucunya menjadi berkat.

Mzm 112:2 Anak cucunya akan perkasa di bumi; angkatan orang benar akan diberkati.

Ams 13:22 Orang baik meninggalkan warisan bagi anak cucunya, tetapi kekayaan orang berdosa disimpan bagi orang benar.

Yer 32:39 Aku akan memberi mereka satu hati dan satu tingkah langkah, sehingga mereka takut kepada-Ku sepanjang masa untuk kebaikan mereka dan anak-anak mereka yang datang kemudian.

Kis 2:39 Sebab bagi kamulah janji itu dan bagi anak-anakmu dan bagi orang yang masih jauh yaitu sebanyak yang akan dipanggil oleh Tuhan Allah kita."



D. Contoh. Kasus Imam Eli

1 Sam 4:1-10, Akibat Imam yang tak berfungsi:

1. Israel berjalan dalam kekalahan.
2. Selalu mengambil keputusan yang salah walaupun kelihatannya benar.
3. Mengalami kerugian yang besar.
4. Tabut Tuhan tidak ada ditempatnya atau kehilangan hadirat Tuhan.

Kesalahan Imam Eli:

1. Tidak tegas (1Sam 2:22)
2. Tidak dapat melihat dengan Jelas (1 Sam 3:1)
3. Tidak tanggap terhadap firman Tuhan (1 Sam 3:3). Membiarkan Samuel tidur di Ruang Mahakudus & melakan sesuatu sesuai dengan pengertiannya sendiri!


SELAMAT MERENUNGKAN HIDUP YANG KITA JALANI SAAT INI!...

2 Timothy 2:1 Thou therefore, my son, be strong in the grace that is in Christ Jesus.
Be bless in Jesus Name
Shalom!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar